SELAMAT DATANG!!!

SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOGG INI!!!

Rabu, 16 November 2011

Makalah dan Program software toko


 Untuk softwarenya silahkan pilih link ini http://www.4shared.com/file/Fni22IzF/gs-retail-bangunan.html


    
Dan ini adalah contoh makalahnya:


PETUNJUK PEMAKAIAN SOFTWARE GS RETAIL BANGUNAN.

I.Installasi Software
Merupakan  proses  untuk  menginstall  software yang sudah di siapkan. klik 2 kali Setup.exe.
Kemudian akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
ü  Klik Lanjut >Sampai Finish
ü  Jalankan Program dengan membuka:
Start  Menu  »  All  Program  »  GS  RETAIL  » GS RETAIL BANGUNAN.
Kemudian akan tampil sebuah kotak dialog proteksi program,dimana proteksi dialog ini bertujuan agar tidak semua orang dapat membukanya.
            »Masukan Username dan Password yang telah ditetapkan Pengguna
            »Klik Login

Kemudian anda akan masuk di program GS RETAIL BANGUNAN seperti di bawah ini:

Pada menu MASTER terdapat beberapa Form,yaitu:
            1.Master Data Barang
            2.Master Data Pelanggan
            3.Master Data Member
            4.Master Data Supplier
Untuk lebih jelasnya akan di bahas di bawah:

1.MASTER
Ø Master Data Barang
Form ini berfungsi untuk memasukkan Master Data Barang yang disediakan pada pertokoan anda, dengan membuka menubar Master – Data barang maka akan keluar form sbb :
  v   Tambah Data

ü   Klik Tambah
ü   Isikan Id,nama dan kategori dll
ü   Klik Simpan
v   Edit Data
ü   Klik Edit
ü   Isikan Id,nama, kategori dll
ü   Klik Simpan
v   Hapus Data
ü   Klik Kanan Grid, dan pilih Hapus
ü   Jika keluar konfirmasi [YES,NO] tekan tombol [YES]

Ø Master Data Pelanggan
Form ini berguna untuk memasukkan dan menghapus data pelanggan, dengan membuka menubar Master – Data Pelanggan maka akan keluar form sbb :

v  Tambah Data
ü   Klik Tambah
ü   Masukkan Id,nama,alamat dll
ü   Klik Simpan
v   Edit Data
ü   Klik Edit
ü   Masukkan Id,nama,alamat yang akan diedit (atau lainnya)
ü   Klik Simpan
v   Hapus Data
ü   Klik kanan pada grid dan pilih Hapus Data
ü   Untuk pesan konfirmasi tekan YES

Ø Master Data Member
Form ini berguna untuk menginput dan menghapus data member pada toko atau perusahaan anda. Dengan membuka menubar master – Data Member maka akan keluar form sbb :


v  Tambah Data
ü   Klik Tambah
ü   Isikan ID member
ü   Klik Simpan
v   Edit Data
ü   Klik Edit
ü   Isikan Data member
ü   Klik Simpan
v   Hapus Data
ü   Klik Kanan Grid, dan pilih Hapus
ü  Untuk pesan konfirmasi tekan YES.

Ø Master Data Supplier
Form untuk menambah dan menghapus data master supplier/ distributor dimana barang barang toko tersebut akan dibeli, dengan membuka menubar Master – Data Supplier maka akan keluar form sebagai berikut:

v  Tambah Data
ü   Klik Tambah
ü   Masukkan Id,nama,alamat dll
ü   Klik Simpan
v  Edit Data
ü   Klik Edit
ü   Masukkan Id,nama,alamat yang akan diedit (atau lainnya)
ü   Klik Simpan
v  Hapus Data
ü   Klik kanan pada grid dan pilih Hapus Data
ü   Untuk pesan konfirmasi tekan YES.

Pada Menu Penjualan terdapat beberapa Form,yaitu:
            1.Penjualan
            2.Return Penjualan
            3.Penerimaan Piutang
            4.Laporan

2.PENJUALAN
Ø  PENJUALAN
Form ini digunakan untuk mencatat semua kegiatan penjualan kepada konsumen.Untuk membuka menu ini,caranya:
»Pilih menu PENJUALAN
»Pilih Form Penjualan,kemudian akan muncul
 
Untuk memasukan data penjualan konsumen
»Pilih Tambah,dan akan muncul seperti di bawah ini.
»Masukan/ketikan daftar belanja konsumen pada tabel
»Jika semua daftar belanja sudah dimasukan,print laporannya dengan cara menekan tombol F9 pada keyboard.
»di bawah ini adalah contoh laporannya
Ø RETURN PENJUALAN
Form ini di gunakan untuk pendataan penerimaan barang yang di kembalikan oleh pelanggan karena rusak atau alasan lainnya.Pasokan berkurang dan stosck akan di masukkan kembali ketoko sebagai stock barang rusak.
Ø PENERIMAAN PIUTANG


Ø LAPORAN
Pada Form laporan


3.PEMBELIAN
Pada Menu Pembelian terdapat beberapa Form,yaitu:
            1.Pembelian
            2.Return Pembelian
            3.Penerimaan Return Pembelian
            4.Pembayaran Hutang
            5.Laporan


Ø PEMBELIAN
Form ini digunakan untuk mencatat semua kegiatan pembelian dari supplier langsung.Untuk membuka menu ini,caranya:
»Pilih menu PEMBELIAN
»Pilih Form Pembelian,kemudian akan muncul
Untuk memasukan data pembelian barang dari supplier.
»Pilih Tambah,dan akan muncul seperti di bawah ini.
»Masukan/ketikan daftar belanja pada tabel
»Untuk keluar tekan tombol ESC pada keyboard
»pada tabel ini kita tidak bisa mencetak hasilnya karena pada tabel ini hanya untuk di save(simpan).selanjutnya akan otomatis tersimpan pada master barang/stock barang.

Ø RETURN PEBELIAN
Form ini di gunakan untuk pendataan pengembalian barang yang sudah rusak atau kadaluarsa kesuplier.Pada menu ini kita harus menginputkan nama,tanggal,suplier,jumlah dan alas an kenapa barang di kembalikan/di return dll.
Ø PERIMAAN RETURN PEMBELIAN
Form ini tampilannya hampir sama dengan Return Pembelian akan tetapi yang membedakan disini adalah menu Return Pembelian digunakan untuk pendataan pengembalian barang yang sudah rusak atau kadaluarsa kesuplier sedangkan Penerimaan Return yaitu menerima barang yang di kembalikan dari suplier.
Ø PEMBAYARAN HUTANG

Ø LAPORAN
Pada Form laporan terdapat:



5.BACKOFFICE
Pada Menu BACKOFFICE terdapat beberapa Form,yaitu:
            1.Pengeluaran Operasional
            2.Mutasi kas
            3.Koreksi stock
            4.Laporan
Ø PENGELUARAN OPERASIONAL
            Form ini berguna untuk mencatat semua uang yang keluar dari toko tersebut.agar uang yang keluar dapat terpantau dengan baik.
Untuk membuka menu ini,caranya:
Pilih menu BACKOFFICE»pilih Form Pengeluaran Operasional»kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas.
Untuk memasukan data pengeluaran Pilih Tambah » isikan data » jika sudah » Simpan (F8),maka data anda akan otomatis tersimpan.
Ø MUTASI KAS

Ø  KOREKSI STOCK
Form ini berguuna untuk mengetahui jumlah barang di toko,termasuk stock barang lalu,sisa barang/stock kini,dan selisih barang.jadi operator mudah mengawasi barang dagangannya dan tidak perlu di ingat-ingat karena semua data sudah tersimpan.
Untuk membuka Form ini,caranya:
Pilih menu BACKOFFICE » pilih Form Koreksi Stock,maka akan muncul:
Untuk melihat stock barang Pilih Tambah,kemudian akan muncul gambar
Untuk keluar tekan tombol ESC pada keyboard.
Ø LAPORAN
Pada Form laporan ada beberapa Form,yaitu:
            1.Laporan Pengeluaran (Periode)
            2. Laporan Pengeluaran (Jenis)
            3.Laporan Koreksi Stock
            4.Laporan Stock Barang
            5.Laporan Stock Limit
            6.Laporan Over Stock
            7.Laporan Laba Rugi
            8.Laporan Kas

6.SETTING
            Pada menu SETTING ini adalah menu yang mengatur semua Pengaturan yang ada di aplikasi ini.Termasuk di dalamnya adalah:
1.Skin
2.Stock Boleh Minus
3.Level Akses User
4.Jenis Kas
5.Jenis Biaya
6.Setup Perusahaan
7.Set No Faktur
8.Database
            Pada Form Database terdapat Form lagi,yaitu:
                        1.Backup Data
2.Import Data
3.Repair Data
4.Koneksi Database

9.Metode HPP
10.Atur Footer
11.Ganti Password

Tidak ada komentar:

Posting Komentar